Desa Wisata Setia Negara Menjual Sensasi Alam

- Rabu, 16 Januari 2019 | 21:30 WIB
kuningan
kuningan

Objek wisata di Kabupaten Kuningan semakin bertambah. Dari sekian banyak objek wisata yang mendapat julukan Kota “Kuda” Kuningan, mayoritas masih mengunggulkan panorama alam sebagai jualannya.

Perjalanan Mandalawangi di Kuningan kali ini mengunjungi sebuah Desa Wisata Setianegara di wilayah Kecamatan Cilimus yang terdiri dari beberapa dusun, antara lain Dusun Sigobang, Pahajen, Peundeuy, Sikuya, Cilengkeng, Kebon Cau, Karang Anyar, Pakancilan dan Raga Sakti.

Wilayah Desa Setianegara bagian selatan berbatasan dengan Desa Linggarjati, sebelah timur berbatasan dengan Desa Lingga Indah, sebelah utara berbatasan dengan Desa Cibeureum, sebelah barat berbatasan langsung dengan Hutan Lindung Gunung Ciremai. Desa Setianegara sering disebut Gunung Deukeut yang berarti desa yang paling dekat dengan gunung.

Kawasan hutan Setianegara menyimpan keanekaragaman flora dan fauna, alamnya asri dan sejuk. Kawasan hutan ini mempunyai pemandangan alam yang indah serta lingkungan yang asri. Potensi wisata di hutan Desa Setianegara, diantaranya :

Potensi Agrowisata

Komoditi agrowisata yang sekarang sedang dikembangkan adalah budidaya tanaman apel, murbei dan nilam.

Wisata Pengetahuan

Kawasan hutan  di Desa Setianegara dapat menjadi objek wisata pengetahuan  bidang vulkanologi, ekologi, konservasi, hidrologi, geografi, geologi, outbound dan pertanian.

Olahraga

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Ingin Hemat? Saatnya Beralih Ke Motor Listrik

Senin, 28 November 2022 | 18:00 WIB

IA-ITB Tanggap Darurat Bencana gempa Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 21:40 WIB

Meningkatnya Industri Manufaktur Indonesia

Sabtu, 26 November 2022 | 12:00 WIB

8 Momen Seru Gala Dinner KTT G20 Yang Tak Terlupakan

Kamis, 17 November 2022 | 17:00 WIB
X