5 Cara Jitu Jaga Hubungan Baik dengan Klien

- Rabu, 17 Oktober 2018 | 10:14 WIB
bisnis-deal
bisnis-deal

KEPUASAAN klien memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam proses pembentukan citra suatu bisnis atau perusahaan. Agar hubungan baik dengan klien tetap terjaga, pelbagai cara pun dilakukan. Seperti dengan melihat penilaian kepuasaan sampai mendekati klien agar kerja sama bisa terus berlanjut.

Selain itu, Anda  juga bisa melakukan beberapa cara berikut ini agar dapat menjaga hubungan baik dengan klien.

  1. Melemparkan pertanyaan

Kita tak perlu ragu untuk membawa diskusi ke arah yang lebih mendalam saat melakukan brainstorming dengan klien. Misalnya, dengan menanyakan tentang tujuan utama dari suatu promosi atau kampanye yang tengah dilakukan klien.

Tanyakan juga tentang harapan klien dari kerja sama yang ada. Catat setiap jawaban klien secara mendetail, siapa tahu akan berguna di masa depan.

  1. Mendengarkan

Dengan mendengarkan klien, maka suatu hubungan baik akan tercipta. Kita mesti memerhatikan keluhan, kritik, dan saran. Semua masukan ini adalah feedback positif untuk perusahaan atau bisnis.

Nantinya, feedback ini bisa dipakai sebagai acuan untuk melakukan evaluasi. Kita akan termotivasi untuk lebih baik dari feedback positif. Dan segera memperbaiki kinerja dengan melihat feedback negatif.

  1. Selalu menghormati kredibilitas kompetitor

Kompetitor bisa ditemukan di mana saja, termasuk dalam dunia bisnis. Tak menutup kemungkinan, nantinya kita akan berhadapan dengan kompetitor yang superior. Meski bersaing, jangan lupa untuk mempelajari kekurangan dan kelebihan dari produk mereka.

Belajar dari kompetitor, kita bisa menciptakan suatu inovasi produk dengan kualitas yang lebih baik. Tetapi, tidak perlu menyebarkan citra jelek atau gosip tentang kompetitor. Sikap seperti ini dapat menurunkan citra perusahaan yang kita kelola.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Kapolri Mengawasi Penggunaan Anggaran Pemda

Kamis, 2 Februari 2023 | 16:15 WIB

Ini Syarat Membuat SIM C1 dan SIM C2

Rabu, 1 Februari 2023 | 19:05 WIB

Ini Penyebab Pelat Nomor RF Tak Lagi Diberlakukan

Rabu, 1 Februari 2023 | 18:05 WIB

Efektifkah Penambahan 70 Kamera ETLE Di Jakarta

Rabu, 1 Februari 2023 | 17:05 WIB
X