Fakta Robot Humanoid Buatan Tesla?

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 06:15 WIB
Tesla Bot
Tesla Bot

BISNIS BANDUNG -- -- Elon Musk mengatakan bahwa Tesla sedang membangun robot humanoid yang dapat menggantikan pekerjaan manusia.

Musk menjanjikan akan memamerkan prototipe robot ini tahun depan. Robot tersebut dijuluki "Tesla Bot" dan "Optimus".

Sebagai gambaran fisik, robot punya tinggi sekitar 1,7 meter, berat 125 pon, serta mampu mengangkat beban sekitar 20 kilogram (45 pon) dan bergerak dengan kecepatan 8 kilometer per jam.

"[Robot] Ini pada dasarnya akan mulai berurusan dengan pekerjaan yang membosankan, berulang dan berbahaya," kata Musk di Tesla AI Day, ketika memperkenalkan robot ini pekan lalu (19/8).

Robot itu, kata Musk, akan memiliki layar yang berfungsi seperti wajah dan akan menampilkan beragam informasi yang berguna. Namun, ia tidak mengatakan harga robot ini.

Musk, yang mengakui bahwa konsep perancangan masih dalam tahap awal, ia mengatakan bahwa robot akan memiliki kepribadiannya sendiri, yakni menjadi robot yang ramah dan membantu aktivitas manusia.

"[Robot] ini dimaksudkan untuk...menghilangkan tugas-tugas berbahaya, berulang dan membosankan," tambahnya. Meskipun demikian, pada akhirnya robot tersebut akan bekerja bersama manusia.

Namun, dilansir dari Washington Post, robot tersebut juga akan dirancang dengan kekuatan dan kemampuan yang tidak akan melebihi kekuatan manusia.

"Kami mengaturnya sehingga pada tingkat mekanis dan fisik Anda dapat melarikan diri darinya dan kemungkinan besar mengalahkannya," jelas Musk.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

5 Earphone Olahraga Nirkabel Terbaik

Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:00 WIB
X