Transformasi Digital, Disrupsi dan Krisis

- Kamis, 25 Februari 2021 | 15:15 WIB
transformasi digital
transformasi digital

BISNIS BANDUNG - Survei bertajuk "Indonesia CIO Pandemic Business Impact Survey: Rethingking The Ways of Everything" yang diselenggarakan pada Desember 2020-Januari 2021 mengungkapkan pandemi Covid-19 memberikan pelajaran berharga bagi perusahaan untuk mempersiapkan diri menghadapi disrupsi.

Dalam survei itu, 76 persen chief information officer (CIO) mengungkapkan dampak negatif dari wabah Covid-19 dirasakan langsung oleh perusahaan, terutama dari menurunnya daya beli pelanggan, namun 68 persen dari mereka optimistis kinerja perusahaan dapat dipertahankan.

Di sisi lain, 27,1 persen CIO mendorong perusahaan untuk melakukan investasi baik yang ditujukan untuk memperkuat bisnis saat ini maupun di bidang lainnya namun memiliki prospek di masa depan.

26,2 persen lain mendorong penerapan kerja remote secara permanen untuk sejumlah fungsi bisnis, 23,4 persen dorong implementasi teknologi automation, artificial intelligence, analitik dan lainnya untuk meningkatkan kinerja.

Lalu, 22,4 persen mendorong perusahaan untuk mengurangi penggunaan kantor/outlet fisik dengan semakin mengoptimalkan kanal-kanal digital.

Koordinator Divisi Riset iCIO Community, Abidin Riyadi Abie, mengatakan disrupsi telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari dunia bisnis saat ini. Perusahaan harus mempersiapkan diri agar tetap bisa relevan dan adaptif dengan ketidakpastian di masa depan.

"CIO dituntut untuk berperan lebih dalam upaya perusahaan tidak saja dalam melakukan digitalisasi proses bisnis melainkan juga mengoptimalkan model bisnis melalui penerapan TIK," sambungnya.

Dorong Produktivitas dan Kolaborasi

Selama pandemi Covid-19 setahun terakhir, fokus para CIO adalah bagaimana menjaga kontinuitas bisnis yang terganggu sebagai konsekuensi pembatasan aktivitas masyarakat-termasuk karyawan untuk menekan penyebaran virus secara lebih luas.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

5 Earphone Olahraga Nirkabel Terbaik

Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:00 WIB
X