Menteri Peternakan : PMK Ada tapi Prosesnya Penyembuhannya Sangat Maksimal

- Kamis, 19 Mei 2022 | 13:48 WIB
Menteri Pertanian tinjau langsung sapi yang terkonfirmasi PMK (Kewoy Guntara)
Menteri Pertanian tinjau langsung sapi yang terkonfirmasi PMK (Kewoy Guntara)

Bisnis Bandung - Dengan memakai APD lengkap Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo beserta unsur forkopimda Kabupaten Sumedang, meninjau ternak sapi dalam rangka pengendalian dan penanggulangan PMK penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Provinsi Jawa Barat, Rabu (18/5/2022). 

Kedatangan rombongan menteri kali ini adalah untuk melihat langsung sapi yang terkonfirmasi PMK.

Sapi-sapi tersebut adalah milik warga di Dusun Cikeuyeup Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Tampak hadir pula Anggota Komisi IV DPR RI dan Badan Musyawarah DPR RI Sutrisno, para pejabat Eselon 1 dan Staf Khusus Kementerian Pertanian, Kepala DKPP Provinsi Jawa Barat dan unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang. 

Baca Juga: Kelompok Tani Margawindu Menyayangkan Wilayahnya Dianggap Sebagai Biang Kerok Terjadinya Bencana

Mentan Syahrul setelah peninjauan mengatakan, kedatangan pihaknya membuktikan bahwa kekuatan yang ada di jajaran pemerintah melalui Kementan RI telah bergerak untuk mengantisipasi berbagai perkembangan dari suspek PMK khususnya di 48 kabupaten yang kena di seluruh Indonesia dari 16 provinsi. 

"Hari ini saya bersama anggota DPR RI Sutrisno sudah mengintervensi Sumedang dan kita lihat proses-proses ini berjalan," ujarnya. 

Menurutnya, PMK ada tapi proses penyembuhannya sangat maksimal. Artinya tingkat kematian sangat sedikit serta dan tidak berbahaya bagi manusia. 

"Proses yang berjalan luar biasa, antara lain dengan intervensi obat obatan, vitamin, antibiotik, herbal atau kearifan lokal yang ada dimasing-masing daerah. Ternyata penyembuhannya sangat cepat dan ikunbasinya insyaallah 14 hari," kata Menteri. 

Oleh karena itu, dalam rangka menjaga ketersediaan daging menghadapi Idul Adha dua bulan ke depan pihaknya menginginkan proses penanganan PMK dialkukan dengan sebaik-baiknya. 

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Garut Diguncang Gempa Magnitudo 4,3

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:35 WIB

Jambore Talenta Digital Buka Cakrawala Informatika

Jumat, 16 Desember 2022 | 17:45 WIB
X