Penyebab Kecelakaan di Km 92 Tol Cipularang

- Selasa, 28 Juni 2022 | 09:48 WIB
Illustrasi Terjadi Kecelakaan, Arus lalu lintas di tol Cipularang KM 91 (pixabay)
Illustrasi Terjadi Kecelakaan, Arus lalu lintas di tol Cipularang KM 91 (pixabay)

Bisnisbandung.com - Terjadi lagi kecelakaan di Tol Cipularang. Kecelakaan beruntun yang melibatkan 17 kendaraan di Tol Cipularang Km 92 arah Jakarta terjadi pada Minggu (26/6/2022) kemarin sekitar pukul 21.00 WIB.

Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul area di sekitar Kilometer 92 Tol Cipularang memang rawan kecelakaan. Salah satu penyebab adalah turunan di tol Km 92 cukup panjang.

Penyebab kecelakaan di Tol Cipularang Km 92 lainnya, sering diakibatkan oleh kesalahan manusianya itu sendiri atau human error.

Baca Juga: Arus Balik Mulai Meningkat, Ridwan Kamil Klaim Angka Kecelakaan Menurun

Sementara itu, pakar transportasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Ofyar Z Tamin menjelaskan, selain kondisi jalan, kesalahan pengendara atau faktor human error menjadi faktor penyebab seringnya terjadi kecelakaan di di Tol Cipularang Km 92.

Menurut Prof Ofyar, trek jalan yang mulai menurun dari Kilometer 100 dan ditambah beban massa dari kendaraan membuat laju kendaraan bertambah cepat.

Dalam kondisi seperti itu, pengemudi harus konsentrasi penuh dalam mengendalikan laju kendaraan.

Baca Juga: Bus Sarat Penumpang, Alami Kecelakaan

"Saat mendesain dan membangun jalan ada yang disebut kecepatan rencana. Artinya, kendaraan akan aman jika melaju baik saat memasuki tikungan atau jalan menurun berada di bawah kecepatan rencana," ujarnya.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X