Jasad Eril Ditemukan dan Segera Dipulangkan ke Indonesia

- Kamis, 9 Juni 2022 | 20:39 WIB
Dubes Indonesia untuk Swiss dan Adik Ridwan Kamil Melakukan Konpres Terkait Ditemukannya Eril. (Bisnisbandung.com/Budi Hartati)
Dubes Indonesia untuk Swiss dan Adik Ridwan Kamil Melakukan Konpres Terkait Ditemukannya Eril. (Bisnisbandung.com/Budi Hartati)

Bisnis Bandung - Melalui Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad, KBRI Bern mengabarkan jika Jenazah Emeril Kahn Mumtadz (Eril), putra sulung Ridwan Kamil sudah ditemukan.

Muliaman menyatakan Kepolisian Kantor Bern telah bertemu dengannya di Kantor KBRI Bern bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal mengenai penemuan jasad yang diduga Eril tersebut Rabu sekitar pukul 11.50 WIB.

Melalui zoom meeting, Muliaman pun menyatakan, setelah Tim Forensik Kepolisian melakukan identifikasi dan penelusuran DNA, pada Kamis 9 Juni 2022 jasad yang ditemukan tersebut dipastikan adalah Eril.

Baca Juga: Setelah Dua Minggu Proses Pencarian, Jasad Eril Akhirnya Ditemukan, Ridwan Kamil Terbang ke Swiss

"KBRI Bern akan memastikan penghormatan hak-hak Eril sebagai muslim terpenuhi," ujar Muliaman.

KBRI Bern pun akan terus mendampingi proses repatriasi hingga Eril tiba di Indonesia. Muliaman pun memohon doa dan dukungan dari masyarakat agar seluruh proses pemulangan Eril berjalan lancar.

Tak hanya itu, Kemenlu pun akan memfasilitasi kedatangan Eril di Bandara Soekarno Hatta.

Baca Juga: Takziah ke Rumah Ridwan Kamil, AHY Sampaikan Belasungkawa Untuk Eril

Di tempat yang sama, paman kandung Eril, Elpi Nazmuzzaman mengatakan, mewakili Ridwan Kamil dan keluarga besar dirinya telah menyerahkan seluruh proses pencarian ke KBRI pada Senin 6 Juni 2022.

"Hari ini upaya pencarian telah bertemu dengan takdir yang ditetapkan, keluarga akan menerima almarhum Eril untuk kemudian menyempurnakan haknya sebagai muslim," tuturnya.

Elpi pun belum memastikan kapan jenazah Eril akan tiba di Indonesia, "Harapan kami bisa tiba di Indonesia setidaknya Sabtu atau Ahad."

Adik kandung Ridwan Kamil pun mengucapkan terimakasih kepada Kepolisian dan Pemerintahan Bern hingga KBRI.

Baca Juga: Usai Berembug dengan Keluarga, Atalia Pulang ke Indonesia dengan Pesan Untuk Eril

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun dikabarkan telah mengajukan cuti sejak 9 hingga  19 Juni 2022 untuk terbang ke Swiss, mengawal proses pemulangan Eril ke Indonesia.

Kepala Biro Adpim Pemprov Jabar yang mewakili keluarga di Gedung Pakuan, Wahyu Wijaya pun mengatakan, penjemputan secara detail akan diinformasikan selanjutnya.

Menurutnya, dirinya akan terus berkoordinasi dengan keluarga Ridwan Kamil maupun Kementerian Luar Negeri untuk hal tersebut.

Wahyu mengemukakan, pihaknya belum bisa menyampaikan titik pasti lokasi pemakaman karena belum ada kabar dari keluarga Ridwan Kamil.

"Karena ini informasinya baru didapat. Kemungkinan pasti akan kami infokan," pungkas Wahyu.***

Editor: Yudhi Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X