Daya Beli Membaik, Seminggu Jelang Lebaran, Stok Produk Seasonal di Sejumlah Ritel Habis

- Jumat, 29 April 2022 | 08:00 WIB
Ilustrasi angka penjualan lebaran di sektor ritel  tahun ini akan tercapai sebelum hari - H (Pixabay)
Ilustrasi angka penjualan lebaran di sektor ritel tahun ini akan tercapai sebelum hari - H (Pixabay)

Bisnis Bandung - Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia Dewan Pimpinan Daerah - Aprindo DPD Jabar, Yudi Hartanto mengemukakan, berdasarkan informasi dan pantauan ke beberapa toko ritel, peningkatan jumlah pengunjung dan angka penjualan Lebaran tahun ini, cukup menggembirakan

Dikatakan Yudi Hartanto, Lebaran tahun ini jumlah pengunjung dan penjualannya lebih baik, setelah Lebaran dua tahun tidak signifikan dan memberikan kontribusi penjualan seasonal bagi sektor ritel yang tergabung kedalam Aprindo DPD Jabar

Aprindo DPD Jabar memperkirakan target pertumbuhan penjualan Ramadhan dan Iedul Fitri/Lebaran sebesar 20% dibandingkan tahun lalu akan tercapai sebelum Hari-H.

Target pertumbuhan penjualan Lebaran tahun ini akan tercapai, atas beberapa indikator, diantaranya yakni karena saat ini sudah banyak informasi dari anggota Aprindo Jabar yang melaporkan kehabisan stok barang seasonal, seminggu menjelang Lebaran.

Produk seasonal diantaranya sirup, kue kaleng lebaran, kurma dan kebutuhan lainnya yang biasanya hanya tersedia dimomen momen tertentu.

Baca Juga: SPI: Pelarangan Ekspor CPO dan Minyak Goreng: Momen Perombakan Kebijakan Persawitan di Indonesia

Aprindo DPD Jabar melihat pemberian THR (Tunjangan Hari Raya) Lebaran baik dari pemerintah maupun swasta yang lebih awal berkontribusi besar dalam mendorong masyarakat untuk berbelanja lebih cepat tidak menunggu mendekati lebaran.

Hal ini terlihat dari penjualan minggu ketiga April 2022 yang terus menunjukkan trend peningkatan kunjungan konsumen.

"Kemungkinan besar puncak belanja barang seasonal lebaran sudah terlewati minggu lalu, baik di supermarket maupun di toko format department store"

Namun peningkatan penjualan selanjutnya akan terjadi di format minimarket, apalagi toko yang berada di jalur mudik.

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X