Tekanan Mental yang Berat Berpontensi Terhinggap Gangguan Jiwa

- Minggu, 14 Juni 2020 | 17:45 WIB
DEPRESI
DEPRESI

BISNIS BANDUNG - Dampak masalah ekonomi atau gagal menjadi anggota DPR , kalah dalam Pilkada dapat membuat orang menjadi defresi,bahkan gila. Beratnya tekanan mental  akan menimbulkan guncangan jiwa.

Tekanan-tekanan tersebut akan menimbulkan krisis , termasuk didalamnya perselisihan keluarga dalam hal ekonomi, kekerasan dalam rumah tangga, perceraian. Setiap orang pasti memiliki berbagai masalah dalam hidupnya dan menjadi penyebab  terkena depresi.

Keterangan yang dihimpun BB menyebutkan , di Jabar saat ini  kurang lebih terdapat 3 juta orang mengalami defresi  dan  sebanyak 72.000 di antaranya merupakan pengidap defresi berat.

Tanda umum gejala defresi :

  1. Rasa sedih, cemas atau hampa yang terus menerus.
  2. Rasa putus asa dan selalu pesimis.
  3. Rasa tidak berharga, rasa bersalah dan rasa tidak berdaya.
  4. Kehilangan minat atau kesenangan atau hobi atau aktvitas yang sebelumnya di sukai.
  5. Energi lemah, kelelahan, menjadi lamban.
  6. Sulit berkonsentrasi, mengingat dan memutuskan.
  7. Sulit tidur atau insomnia atau tidur berlebihan atau hipersomnia.
  8. Sulit makan atau rakus makan (menjadi kurus atau kegemukan).
  9. Tidak tenang dan gampang tersinggung.
  10. Sering sakit kepala atau masalah pencernaan seperti sulit buang air besar dan lain-lain.
  11. Berpikir ingin mati atau bunuh diri.
  12. Serta terkadang merasa berat di tangan dan kaki

     Tips  mengatasi depresi yang sederhana dan alami :

  1. Jalan-jalan. Usahakan untuk jalan-jalan di tempat yang asri yang bisa membuat pikiran dan jiwa kita menjadi tenang. Seperti melihat pemandangan alam yang masih alami, misalnya diwilayah pengunungan atau tempat-tempat yang menurut anda bisa menenangkan diri dan mendamaikan serta menentramkan hati anda.
  2. Berolahraga pagi. Usahakan melakukan kegiatan berolahraga di pagi hari. Kegiatan berolahraga  dapat menghilangkan depresi yang sedang anda alami atau rasakan, selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda .
  3. Membaca buku. Apabila anda hobi membaca buku ,usahakan  meluangkan waktu untuk hobi membaca buku . Membaca buku  mampu menghilangkan depresi yang anda alami .
  4. Tertawalah. Ketika dilanda yang namanya depresi, tertawa merupakan salah satu obat untuk menghilangkan depresi . Anda bisa melihat hiburan di tv berupa komedi yang bisa membuat anda tertawa lepas.
  5. Menjadi pribadi yang lebih baik . Usaha yang tak kalah penting untuk menghilangkan depresi pada diri,  adalah  memiliki keberanian yang tinggi untuk berubah ke arah yang lebih baik. Sehingga depresi yang anda alami lambat laun akan hilang dengan sendirinya. (B-003) ***

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X