Melestarikan Tradisi di Kampung Naga

- Selasa, 26 April 2022 | 15:00 WIB
caption foto Mesjid yang terletak di kampung naga (Bisnisbandung.com / Irfan Sonjaya)
caption foto Mesjid yang terletak di kampung naga (Bisnisbandung.com / Irfan Sonjaya)

Bisnis Bandung - Keunikan ragam budaya Jawa Barat sudah bukan rahasia lagi, banyak sekali ragam budaya ini menjadi ciri khas Jawa Barat di mata dunia. Masing masing ragam budaya ini di setiap daerahnya sangat unik, bahkan memiliki ciri ciri tersendiri.

Pada umumnya banyak sekali daerah daerah di Jawa Barat yang masih memegang adat istiadat leluhur dengan sangat teguh, beberapa di antaranya merupakan komunitas komunitas adat.

Dari sekian banyak komunitas adat ini, beberapa di antaranya tinggal dalam sebuah wilayah tersendiri yang di namakan komunitas adat.

Beberapa komunitas adat tentu saja sangat familiar dengan kita misalnya saja Kampung Dukuh di Garut Selatan, Kampung Kuta di Ciamis serta Kampung adat Cipta gelar di perbatasan Sukabumi Banten.

Namun ada satu lagi kampung adat yang letaknya tidak jauh dari pusat kota Bandung yaitu Kampung Naga, lokasi tepatnya berada di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.

Kampung Naga saat ini bisa di kunjungi pelancong dari berbagai daerah, meskipun ada beberapa aturan adat yang tidak boleh di langgar para pelancong, secara garis besar tempat ini sangat layak untuk di kunjungi. Aksebilitas menuju lokasi cukup mudah, tempat ini terletak di tepi jalan raya Garut Tasikmalaya.

Baca Juga: Mengenal Stasiun Kereta Api Tertinggi di Indonesia

Para pelancong yang datang bisa menitipkan kendaraannya di tempat parkir yang cukup luas, setelah meminta izin kepada pemuka masyarakat setempat, para pelancong bisa langsung menuju ke pemukiman masyarakat Kampung Naga.

Sebelum mencapai pemukiman setiap pelancong harus menuruni ratusan anak tangga serta menyebrangi jembatan Ciwulan.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah 8 Tips Liburan Hemat dan Terjangkau

Rabu, 28 Desember 2022 | 18:45 WIB

Gunung-gunung di Jawa Barat Yang Menarik Untuk Didaki

Selasa, 1 November 2022 | 10:30 WIB

Deretan Makanan Oleh-Oleh Cianjur, Wajib dicoba

Senin, 31 Oktober 2022 | 07:00 WIB
X