Bank di Brasil akan menggunakan Real Digital Sebagai Jaminan untuk Menerbitkan stablecoin Sendiri

- Rabu, 8 Juni 2022 | 16:00 WIB
Bank di Brasil bersiap untuk dapat menerbitkan stablecoin sendiri (Pixabay)
Bank di Brasil bersiap untuk dapat menerbitkan stablecoin sendiri (Pixabay)

Bisnis Bandung – Real Digital sebagai Mata uang digital yang diterbitkan bank sentral Brasil (CBDC) sebagai stablecoin akan lebih menjadi aset grosir dan tidak menjadi token yang fokus pada transaksi ritel. Hal ini disampaikan oleh Roberto Campos Neto presiden Bank Sentral Brasil.

Campos Neto mengindikasikan bahwa bank-bank swasta di negara tersebut akan dapat menerbitkan stablecoin mereka sendiri yang akan diagunkan dengan deposito nyata digital.

CBDC yang akan dikeluarkan Brasil dirancang untuk memiliki desain yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan CBDC lainnya seperti renminbi digital, yang dikenal juga dengan Digital Currency Electronic Payment.

Baca Juga: Peluncuran Mata Uang Digital oleh RBI Bank Sentral India Akan Mengadopsi Pendekatan Berjenjang

“Bank akan dapat mengeluarkan stablecoin pada simpanan mereka dan akan mengembangkan teknologi untuk itu, mereka harus berinvestasi, karena mereka dapat memperoleh keuntungan. Dan begitu mereka mengembangkannya, protokol untuk mengeluarkan stablecoin pada deposito pada dasarnya akan sama dengan untuk memonetisasi berbagai aset digital lainnya.” Ungkap Campos Neto

Lebih lanjut, Campos Neto menjelaskan bahwa real digital akan memiliki fokus yang sangat unik, dengan tujuan memonetisasi aset tanpa merugikan fungsi kredit bank swasta, menggunakannya sebagai agunan.

Campos Neto mengacu pada hipotek dan mengatakan bahwa penerapan model tokenisasi dapat membuat pembayaran atau mendapatkan hipotek terbalik menjadi tugas yang lebih mudah, mengurangi biaya dan juga waktu tunggu, dan menyederhanakan dokumen yang terlibat dalam tugas tersebut.

Baca Juga: Peluncuran Mata Uang Digital oleh RBI Bank Sentral India Akan Mengadopsi Pendekatan Berjenjang

Brasil juga telah meluncurkan Jaringan Blockchain Brasil, sebuah proyek yang bertujuan untuk membangun basis bersama bagi institusi lain di negara itu untuk membangun proyek mereka di atasnya. Proyek ini mungkin juga menggunakan aset tokenized dan real digital di masa depan untuk mencapai tujuan yang disebutkan di atas.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Jepang Ini Kepincut Investasi Crypto

Kamis, 22 September 2022 | 10:51 WIB
X