Kreatif dan Inovatif, Kunci Bertahan di Masa Pandemi

- Sabtu, 15 Agustus 2020 | 17:45 WIB
INDUSTRI KREATIF1
INDUSTRI KREATIF1

PENGUSAHA dituntut bisa kreatif dan mampu berinovatif terhadap produk maupun pemasarannya di masa pandemi covid-19 ini. Ini dilakukan demi bisa bertahan di masa krisis.

"Sesuatu yang menggunakan kreativitas dan berinovasi, sebetulnya akan memunculkan peluang usaha atau bisnis baru, yang menguntungkan," kata Business Innovation Consultant Indrawan Nugroho dalam diskusi virtual bertajuk Inovasi Bisnis di Saat Krisis, di Jakarta, dikutip dari berbagai sumber, Rabu, 13 Agustus 2020.

Indra mengajak masyarakat untuk tetap produktif meski virus korona masih mewabah dan belum ditemukan vaksinnya. Caranya adalah menyesuaikan kehidupan dengan kondisi saat ini alias hidup normal dengan cara baru (new normal).

Ia mengatakan pandemi telah memukul semua sektor kehidupan masyarakat, dan perekonomian diprediksi terpuruk lebih dalam dibandingkan krisis-krisis sebelumnya.

"Bagi yang terdampak covid-19, ini yang harus disikapi bagaimana satu keluarga dapat menghasilkan di tengah krisis," tambah pengusaha Nina Septiana.

Krisis ini berbeda dan lebih unik dibandingkan krisis-krisis ekonomi sebelumnya. Selain penanganannya berbeda, pandemi ini juga mempengaruhi perilaku dan pola aktivitas ekonomi, usaha, serta peluang bisnis.

Oleh karena itu, lanjut Indra, untuk bertahan dalam situasi krisis seperti sekarang ini di antaranya buka usaha sendiri. Namun harus melalui kajian dan cermat dalam melihat peluang bisnis.

Indra menyarankan agar mengacu kepada sedikitnya tiga faktor jika mau memulai usaha di tengah krisis seperti sekarang ini yaitu mempertimbangkan sebuah produk yang dihasilkan, memperhatikan market serta jaringan.

"Jika mau memulai usaha, maka pilihlah produk atau layanan yang akan dijual tersebut memang permintaannya tinggi, seperti barang kebutuhan rumah tangga," papar Indra.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Tingkatkan Pemasukan Dengan 3 Level Penghasilan Ini

Sabtu, 4 Februari 2023 | 17:30 WIB

Launching And Gathering Ramadhan Fashion Market 5.0

Selasa, 31 Januari 2023 | 13:36 WIB

Tips dan Trik Bermain Game Carx Street Untuk Pemula

Minggu, 15 Januari 2023 | 19:30 WIB
X