Bagaimana Nasib Agen Travel?

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 15:15 WIB
nasib travel
nasib travel

BISNIS BANDUNG - Pemerintah masih berupaya untuk mendapatkan kuota haji dari Arab Saudi. Arab Saudi dikabarkan akan mengizinkan ibadah haji pada tahun ini dengan persyaratan.

Informasi tersebut beredar di media sosial. Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Khoirizi, mengaku belum menerima informasi resmi terkait hal tersebut.

"Jika benar bahwa Saudi membuka pemberangkatan haji 1442 H untuk jemaah dari luar negaranya, meski kuotanya terbatas, tentu ini harus kita syukuri, alhamdulillah, karena jemaah Indonesia juga sudah menunggu lama, apalagi tahun lalu juga tertunda," kata Khoirizi, dalam keterangan pers yang dikutip dari website Kemenag, Senin (24/5/2021).

"Namun demikian, sampai saat ini kami belum menerima pemberitahuan secara resmi tentang dibukanya pemberangkatan bagi jemaah di luar Saudi," sambungnya.

Situasi ini berpengaruh terhadap bisnis layanan pendukung dari penyelenggaraan ibadah haji dan umrah. Didorong vaksinasi yang semakin gencar agar pandemi Corona segera usai, bisnis ini diproyeksi bakal kian potensial.

President Director PT PT Arsy Buana Travelindo (ABT) Saipul Bahri mengatakan, bisnis layanan pendukung (service provider) Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) dinilai sangat potensial, seiring posisi Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, bergulirnya vaksinasi Covid-19, pembukaan ibadah haji untuk jemaah luar Arab Saudi, dan rencana Arab Saudi menaikkan kuota jemaah umrah dari 8 juta menjadi 30 juta per tahun pada 2030.

"Bisnis service provider perjalanan haji dan umrah sangat potensial. Kebutuhan para jamaah yang datang dari berbagai negara ke Tanah Suci hampir tiada henti sepanjang tahun," dalam keterangannya, Minggu (30/5/2021).

Bisnis layanan pendukung ini mencakup penginapan hotel, tiket pesawat, land arrangement, dan semua keperluan ibadah haji dan umrah jamaah selama di Tanah Suci.

Menurut dia, total penduduk muslim Indonesia mencapai 215 juta atau 87% dari populasi dan 24% dari total dunia. Setiap tahun, dalam kondisi normal, sebanyak 221 ribu jemaah haji asal Indonesia berangkat ke Arab Saudi. Dari jumlah itu, sebanyak 204 ribu merupakan haji reguler dan sisanya 17 ribu haji VIP.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Episode 6 She-Hulk, ini villain utama yang akan dihadapi

Senin, 26 September 2022 | 17:00 WIB

3 Cara Paling Mudah Mengatasi Patah Hati

Jumat, 16 September 2022 | 10:00 WIB

3 Tips Sehat Dalam Bermain Sosial Media

Kamis, 15 September 2022 | 12:00 WIB

5 Cara Memperoleh Penghasilan dari Internet

Sabtu, 10 September 2022 | 12:00 WIB
X