5 Negara dengan Dana Abadi Terbesar di Dunia

- Sabtu, 13 Maret 2021 | 15:15 WIB
dana abadi muke lu kayak candi
dana abadi muke lu kayak candi

BISNIS BANDUNG - Indonesia telah resmi memiliki lembaga untuk mengelola Sovereign Wealth Fund (SWF) atau dana abadi, yakni Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority (INA) pada awal tahun ini.

Keputusan Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk memiliki insitusi yang tugasnya mengelola dana abadi dapat dibilang cukup terlambat mengingat negara lain telah memilikinya sejak lama.

Kendati demikian, Jokowi yakin Indonesia bisa mengejar ketertinggalan tersebut.

"Walaupun lahir belakangan, dan tidak ada kata terlambat. Saya meyakini, INA mampu mengejar ketertinggalannya. Dan mampu memperoleh kepercayaan nasional dan internasional," kata Jokowi seperti yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Februari silam.

Maka dari itu, beberapa negara di dunia tercatat memiliki LPI dengan akumulasi dana yang besar.

Berikut ini 5 negara dengan akumulasi dana abadi dalam jumlah yang besar berdasarkan data dari SWF Institute per Januari 2021.

  1. Norwegia

Lembaga pengelola dana abadi di Norwegia diberi nama Government Pension Fund Global (GPFG). GPFG merupakan lembaga pengelola dana abadi terbesar di dunia dengan total aset mencapai 1,1 triliun dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp16,1 kuadriliun.

Berdiri sejak 1990, dana abadi GPFG didapat dari surplus pemasukan dari sektor perminyakan Norwegia. Selain itu, GPFG juga memegang investasi real estat dan pendapatan tetap di Norwegia.

Pengelolaan GPFG sendiri berada langsung di bawah Menteri Keuangan Norwegia.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Episode 6 She-Hulk, ini villain utama yang akan dihadapi

Senin, 26 September 2022 | 17:00 WIB

3 Cara Paling Mudah Mengatasi Patah Hati

Jumat, 16 September 2022 | 10:00 WIB

3 Tips Sehat Dalam Bermain Sosial Media

Kamis, 15 September 2022 | 12:00 WIB

5 Cara Memperoleh Penghasilan dari Internet

Sabtu, 10 September 2022 | 12:00 WIB
X