Tren Bisnis Baru Di Masa Pandemi

- Sabtu, 23 Januari 2021 | 09:26 WIB
Tren Bisnis Baru
Tren Bisnis Baru

BISNIS BANDUNG - Co-founder XWORK, sebuah marketplace khusus untuk penyewaan ruangan kerja dan acara, William Budihardjo mengungkapkan selama pandemi Covid-19, ada sedikit perubahan tren bisnis online.

Jika dulu permintaan ruangan meeting cukup mendominasi, kini justru lebih banyak permintaan untuk tiga kategori utama.

"Tiga tren baru itu adalah ruangan untuk pemotretan, syuting, dan live streaming. Kedua, ruang meeting dengan perangkat telekonferensi. Ketiga, ruangan untuk tunangan atau pernikahan berskala kecil," kata William lewat keterangan tertulis, Selasa (19/1).

Di luar tiga kategori tersebut, XWORK juga melihat adanya peningkatan permintaan coworking space dan kantor virtual, terutama karena meningkatnya jumlah pengusaha baru selama pandemi.

"Kami rasa perubahan tren ini akan terus berlangsung bahkan setelah pandemi berakhir. Pasca-pandemi, dengan meluasnya vaksinasi, kami rasa acara bisnis skala medium dan besar akan kembali diadakan, karena hubungan tatap muka masih akan perlu dilakukan," jelas William.

Lebih lanjut, William juga menjelaskan soal konsep ekonomi berbagi (sharing economy) menjadi fenomena baru yang diperkenalkan beberapa tahun lalu oleh startup global ternama, Airbnb.

Dalam hal ini, Airbnb menjadi platform penghubung yang mempertemukan pemilik aset tempat penginapan dengan pihak yang membutuhkan aset mereka. Konsep ini bisa memberikan penghematan biaya bagi pengguna, tambahan pendapatan bagi pemilik aset, serta berbagai kemudahan untuk kedua belah pihak dalam bertransaksi.

Di Indonesia sendiri, Airbnb mencatatkan peningkatan pertumbuhan sebesar 40 persen; dari 43.700 pada tahun 2017 menjadi 61.000 per bulan Mei 2020.

Walaupun terdampak pandemi, pada periode April-Juni 2020, tingkat okupansi Airbnb di daerah destinasi wisata, seperti Bali dan Yogyakarta, jauh melebihi okupansi di hotel berbintang.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Episode 6 She-Hulk, ini villain utama yang akan dihadapi

Senin, 26 September 2022 | 17:00 WIB

3 Cara Paling Mudah Mengatasi Patah Hati

Jumat, 16 September 2022 | 10:00 WIB

3 Tips Sehat Dalam Bermain Sosial Media

Kamis, 15 September 2022 | 12:00 WIB

5 Cara Memperoleh Penghasilan dari Internet

Sabtu, 10 September 2022 | 12:00 WIB
X