Agar Tak Menyesal, Ketahui 5 Risiko Pakai Pay Later

- Minggu, 27 Desember 2020 | 12:45 WIB
paylater
paylater

BISNIS BANDUNG - Saat ini, sistem pembayaran pay later atau beli sekarang bayar nanti menjadi semakin populer di kalangan masyarakat. Karenanya, banyak aplikasi yang membuat opsi pay later untuk menarik banyak pengguna agar berbelanja.

Layanan ini tampak menarik bagi banyak orang, terutama karena mereka jadi bisa menjangkau barang yang harganya mahal. Namun, di samping kelebihan ini, tak sedikit pula yang mengeluhkan sistem pay later.

Agar Anda tidak menyesal nantinya, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu tentang sistem pay later, termasuk konsekuensi yang harus Andaterima sebagai pengguna. Berikut beberapa kerugian dari sistem pembayaran pay later yang perlu Anda waspadai.

  1. Biaya keterlambatan pembayaran yang tinggi

Uang yang Anda pinjam mungkin tidak menimbulkan bunga. Namun, jika tidak membayar tepat waktu, Anda tetap akan dikenakan biaya keterlambatan pembayaran. Selain itu, umumnya layanan pay later juga membebankan biaya penanganan kepada pelanggan.

Memang, umumnya biaya keterlambatan pembayaran untuk skema bayar pay later agak lebih rendah daripada biaya pembayaran terlambat kartu kredit, tetapi jika diakumulasikan tetap saja ini akan menambah beban pengeluaran Anda.

  1. Memicu pengeluaran impulsif

Kerugian terbesar dari layanan pay later adalah hal itu dapat mendorong kebiasaan belanja yang buruk. Layanan pay later adalah pengubah permainan bagi pembelanja impulsif karena hal ini membuat seseorang benar-benar dapat membeli berbagai jenis barang, bahkan sebelum Anda menyetor satu sen pun atau mengecek berapa uang yang dimiliki.

Jadi, sebelum membeli barang, tanyakan pada dirimu sendiri apakah Anda masih rela membayar barang yang tidak Anda minati, rusak, tidak terpakai, atau tidak cocok? Jika tidak, tunda dulu keinginan untuk membeli barang tersebut.

  1. Anda tidak dapat memilih kapan membayar

Layanan pay later tidak memungkinkan Anda untuk memilih hari pembayaran. Padahal, jika ditanya, semua orang pastinya ingin menetapkan tanggal pembayaran saat mereka memiliki uang, misalnya saat pay day.

Tidak dapat memilih kapan Anda membayar membuat akun Anda berisiko mengalami defisit dan berpotensi mengenakan biaya keterlambatan. Apa pun itu, Anda jadi harus membayar lebih banyak biaya daripada yang Anda butuhkan.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Episode 6 She-Hulk, ini villain utama yang akan dihadapi

Senin, 26 September 2022 | 17:00 WIB

3 Cara Paling Mudah Mengatasi Patah Hati

Jumat, 16 September 2022 | 10:00 WIB

3 Tips Sehat Dalam Bermain Sosial Media

Kamis, 15 September 2022 | 12:00 WIB

5 Cara Memperoleh Penghasilan dari Internet

Sabtu, 10 September 2022 | 12:00 WIB
X